install Modem di Linux

linux sabilySetelah masa pakai Windows 7 RC habis, saya memutuskan tidak lagi memakai produk-produk Microsoft beserta kroni-
linux sabily
kroninya (kecuali kepepet hehehe). Tanpa pikir panjang Saya lalu menimpa partisi Win 7 dengan Linux Sabily yang saya beli di bulan Ramadhan tahun lalu dan seperti biasa, checking kehandalan sistem saya mulai dari kemampuan multimedianya. Tes 1..2..2.Hmm..tak ada masalah. File Mp3, dat, mpeg, apalagi vorbis oog bisa dimainkan dengan baik. Tes pertama OK nih, soalnya siapa yang sudi laptopnya menjadi bisu? :)Karena kalo tidak salah Ubuntu pernah menarik dukungannya terhadap file Mp3 dan menggantinya dengan Ogg.
Tes kedua saya mencoba menginsatall printer Epson T11. Dengan perasaan H2C (Harap-harap Cemas) saya memulai proses install tersebut dan….hhh..seperti biasa, tak ditemukan driver yang cocok! Selalu begini nih kelemahan Linux susah nyari driver yg kompatibel. Tapi kemudian iseng-iseng saya coba pilih driver t20 dari paket yg ada.Dan setelah menekan tombol “test print”….simsalabim….kertas keluar membawa tulisan dan logo Ubuntu!! Berhasil!! Ternyata untuk memilih driver printer (hardware lain secara umum?) tak perlu persis-persis amat, yang penting mendekati tipe yg kita punya. Itu teori dan kesimpulan saya saja, silakan trial and error sendiri yah.. :)
Test ‘terakhir’, saya ingin memakai Linux secara total. Maka saya lalu berburu mobile modem agar bisa berselancar di dunia maya tanpa tergantung pada windows lagi. Lalu saya bertanya-tanya pada mbah google selama 3 hari berturut turut tapi tak ada jawaban yang cocok (atau sayanya yang ga paham? hahaha,) kembali dengan perasaan kesal dan suntuk saya ngutak-atik, klak-klik sana-sini dan ajaib, ternyata tanpa driver modem VT-12 milik saya bisa connect! Bagaimana bisa? Ya bisa saja. Ternyata kita hanya perlu setting ‘username’ dan ‘password’, itu saja….
Gini Caranya:
1. Liat dulu apakah modem anda dikenali oleh sistem.
ketik ‘lsusb’, lihat apakah modem ada dalam list USB. Pada gambar dibawah modem saya dikenali sebagai “Huawei Technologies Co.,Ltd E620 USB Modem” pada USB no 006.

2. Kalau terdetect klik kanan status bar koneksi pada taskbar bawah sebelah kanan, pilih ‘Edit Connections’

3. Pilih “Mobile Broadband”, lalu klik “Edit”
4. Perhatikan tab “Mobile Broadband”. Anda harus mengisi Number dengan #777 (untuk kartu CDMA seperti fren/mobi, flexi, esia atau starone). Lalu isi username dan password sesuai dengan yang diberikan oleh operator yang anda pakai.5. Sekarang klik kiri status bar. klik nama modem anda tadi untuk connect dan Selamat Mencoba....

0 Response to "install Modem di Linux"

eL - Habib Visitor

free counters

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
SEO Stats powered by MyPagerank.Net